Tips Terhindar dari Tipu-tipu Belanja Online


BISNIS, BPN RAMADAN CHALLENGE / Sabtu, Mei 11th, 2019
pixabay

Siapa sih yang nggak suka belanja online? Selain mudah dan praktis, belanja online nggak bikin kita capek-capek buat dateng ke tempat barang yang kita beli. Cukup duduk manis di rumah, pilih barang yang kita mau, transfer sesuai harga yang disepakati, beres deh transaki belanja online kita. Tinggal nunggu barang yang kita beli sampai di rumah.

Memang, di era digital ini, belanja online sangat digandrungi masyarakat. Oleh sebab itu, banyak pedagang yang biasanya hanya menjajakan dagangannya di pasar atau supermarket, kini merambah juga menjadi toko-toko online yang bisa lebih banyak menarik pelanggan.

Berbagai macam cara dilakukan agar pelanggan berbelanja online di toko mereka, salah satunya dengan cara menawarkan promo belanja. Cara ini memang ampuh mengingat masyarakat sekitar kita lebih tertarik dengan harga yang lebih miring atau hadiah-hadiah belanja online yang menggiurkan.

Namun demikian, kemudahan berburu promo belanja online ini juga perlu diwaspadai. Banyak pihak-pihak nggak bertanggungjawab yang memanfaatkan promo sebagai ajang tipu-tipu, terlebih di momen-momen tertentu atau di hari-hari besar. Nggak sedikit pelanggan yang niatnya mau berhemat, justru menjadi korban penipuan akibat tergiur dengan promo belanja online yang diberikan.

Buat menghindari hal tersebut, berikut aku bagi tips agar terhindar dari penipuan promo belanja online.

Cek kredibilitas situs atau toko online tempat kamu belanja online.
Minta pendapat teman yang pernah menikmati promo belanja online di tempat tersebut. Gali informasi transaksi di sana. Cek juga apakah barang yang kita beli dengan harga promo itu mendapatkan garansi atau enggak.

Jangan tergiur dengan harga promo belanja online yang terpaut jauh dengan harga asli.
Memberikan harga promo yang jauh lebih rendah dari harga asli barang merupakan salah satu strategi penipu belanja online untuk memancing korbannya. Pastikan kamu udah kepoin kisaran harga jual produk di pasaran.

Jangan jadikan testimoni untuk mengambil keputusan belanja online.
Sekarang ini, menjadikan testimoni sebagai acuan untuk belanja online bukanlah hal yang valid. Banyak toko belanja online sekarang lebih canggih untuk mengelabuhi para korbannya yang mudah tergiur dengan promo belanja online. Teliti dan cek lagi.

Kita memang perlu banyak waspada ketika menyerbu promo belanja online. Jangan mudah tergiur, ya!

2 Replies to “Tips Terhindar dari Tipu-tipu Belanja Online”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *