Tips Melatih Puasa Anak Sejak Dini

Bagi anak-anak, bisa saja puasa menjadi tantangan tersendiri di bulan ramadan. Namun demikian, sebaiknya kita sebagai orang dewasa bisa melatih mereka untuk turut belajar berpuasa sejak dini. Mengajak mereka untuk mengerjakan puasa, meskipun akan terasa gampang-gampang susah.

Mood anak-anak mudah sekali berubah. Terkadang sangat antusias ketika sedang berpuasa, tapi terkadang juga tiba-tiba menjadi tidak semangat sama sekali. Lantas, bagaimana cara kita melatih anak-anak supaya puasa itu menjadi hal yang menyenangkan ketika dilaksanakan sejak dini?

Tips Melatih Puasa Anak Sejak Dini.

#1 Sampaikan Tujuan dari Berpuasa dan Berikan Contoh
Jika puasa menjadi hal baru untuk anak-anak, mereka pasti akan penasaran apa itu puasa. Sampaikan bahwa puasa adalah salah satu kegiatan ibadah yang baik, yang memiliki banyak manfaat, dan dapat memperoleh pahala.

Jadikan diri sendiri sebagai contoh kepada anak-anak ketika berpuasa. Biasanya, anak-anak akan meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Tetapi, jangan sampai berpuasa justru menjadi beban bagi anak-anak karena dipaksa. Lakukan secara bertahap seperti berpuasa setengah hari terlebih dulu.

#2 Latih Puasa Anak-anak dari Makanan Tertentu Saja
Selain dilakukan secara bertahap dari segi waktu, anak-anak bisa dilatih dengan berpuasa dari makanan-makanan tertentu saja. Misalnya, tidak memperbolehkan anak-anak untuk makan makanan yang mereka suka selama jam puasa.

#3 Jadikan Suasana Sahur dan Berbuka Menjadi Menyenangkan
Sahur dan berbuka puasa menjadi momen yang ditunggu anak-anak ketika menjalankan puasa. Ciptakanlah suasana dan menu yang menyenangkan supaya semangat mereka tetap terjaga. Sesekali bisa kita tanyakan langsung kepada anak, menu apa yang ingin mereka santap.

#4 Libatkan Anak-anak dalam Berbagai Tradisi Ramadan
Supaya anak tidak merasa bosan dan tetap semagat dalam berpuasa, libatkanlah anak-anak dalam tradisi ramadan. Seperti membuat takjil untuk berbuka, membuat kue-kue untuk lebaran, atau bisa juga dengan mengajak anak untuk mendekorasi ulang dan membersihkan rumah sebagai persiapan lebaran.

#5 Beri Penghargaan atau Pujian
Ketika anak-anak berhasil menjalankan puasa dengan baik, hal yang perlu orang dewasa lakukan adalah memberikan apresiasi. Pujian atau penghargaan untuk anak-anak bisa menjadi pacuan anak-anak untuk kembali berpuasa, terlepas apakah puasa mereka sudah full atau masih setengah-setengah.

Baiklah! Itu dia tips melatih puasa anak sejak dini. Semoga kita sebagai orang dewasa bisa konsisten untuk mengajarkan hal-hal baik kepada anak-anak, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *