Bisnis

Tips Bisnis Online Dikejar Orderan dari Gadget!

pixabay.com – bisniiiiis online

Bisniiiiis. Bisniiiiis. Bisniiiiis.
Belakangan dunia bisnis menjadi daya tarik tersendiri di berbagai kalangan. Banyak dari mereka yang memulai berbisnis dengan sistem bisnis online. Bisniiiiis online, Gaes! Yup, aku jadi pingin share tentang bisniiiiis online ini. Kemaren nemu catetan yang berserak. Entah ini kesimpen sejak tahun kapan, yang pasti aku inget, ini catetan aku tulis waktu ikutan workshop bisnis online. Bisniiiiis online, Gaes! DIKEJAR ORDERAN DARI GADGET, itu tema yang dipakai. Bermodal tiket masuk yang pun nggak sengaja aku dapetin dari borong buku di Gramedia, aku ditakdirin buat nyerep ilmu bisniiiiis online ini.


Diisi oleh Hermas Puspito selaku CEO PT. Ednovate & Fonder WEB PRAKTIS, juga Seno Aji Airlangga selaku Praktisi Marketing Online, workshop bisnis online ini dimulai dengan acara perkenalan. Nggak cuma dari narasumber, peserta workshop bisnis online pun juga dikasih kesempatan buat saling bertukar kontak dan saling berkenalan dengan para peserta lainnya.

Karena ini acara workshop bisniiiiis, ya pastilah kebanyakan yang dateng dari kalangan pebisniiiiis. Tapi jangan salah, nggak cuma pebisniiiiis yang udah level dewa aja yang dateng, mereka yang baru niatan punya bisniiiiis pun juga nggak mau ketinggalan acara ini. Yaaa, macem aku inilahya~ Mereka ada tuh yang bisniiiiis sambel, kerajinan batik, server pulsa, electro acupuncture, home-based, event organizer, bisniiiiis hijab, dan itu doang usaha dan bisniiiiis mereka yang kuinget.

Sempet bingung sih ketika ditanyain, “Bisnis apa, Mbak?”, “Usaha apa, Mbak?” | “usaha melupakan dia” karena emang dateng ke acara ini tuh iseng, biar nggak mubadzir aja tuh tiket workshop bisnis online. Akhirnya tanpa pikir panjang kujawablah, “bisniiiiis kuliner!” Dan nggak kepikiran, waktu itu mau kulinernya apaan. Wkwkwkwk. Tsah! Omongan adalah doa, Gaes! Sekarang justru beneran bisniiiiis kuliner. Gih kepoin bisniiiiis kulinerku @banana_dreamss @banana_dreamss @banana_dreamss

Sampai akhirnya, dari workshop bisnis online itu, terkuak tips bisniiiiiis online biar banjir orderan, biar gadget nggak nganggur-nganggur amat-la-yaaa. Cekidot!

  • Selaraskan impian kita dengan Tuhan! Kalimat pertama dalam catetanku di workshop bisniiiiis online ini, Gaes! Bisniiiiis apa pun itu, kalo kita nggak menyertakan Yang Maha Kaya, siap-siap aja dah bisniiiiis keteteran.
  • Ngumpulin semut! Semut di dunia bisniiiiis itu macem orang-orang yang mainnya di medsos, kayak microsite, facebook, instagram, twitter, kaskus, youtube, pinterest, formspring, dan lain-lain.
  • Marketplace. Disinilah bisniiiiis online terjadi, dimana para pebisniiiiis atau pengusaha bertemu di suatu tempat. Misalnya: tokopedia, bukalapak, OLX, lolagilolagi, dan lain-lain.
  • Ubersuggest.org, untuk cari tau keyword apa yang banyak dicari orang. Caranya, ambil 15 keyword, masuk ke forum, login/registrasi lebih dulu.
  • Foto! Dalam dunia bisniiiiis, apalagi bisniiiiis online, foto tuh wajib banget hukumnya. Pasang tuh foto semenarik mungkin buat mancing para semut.

CARA MARKETING BISNIS
Bisniiiiis itu perlu banget loh di-marketing-in. Yaiyalah, kalo nggak gitu gitu, gimana orang lain bisa tau bisniiiiis kita yekannn. Caranya, Gaesss:

Aplikasi Instagram
Pakai nama bisniiiiis yang bagus! Power ada di visual.

  • Upload minim 50 foto, pake hesteg, cari produk yang sama, cari follower paling banyak, contoh hesteg mereka, kemudian upload. Jangan upload foto produk terus yak, kasih foto quotes kita sendiri (phonto), tujuannya buat nambah follower.
  • Upload foto produk bisniiiiis (pagi, siang, malem) atau dibikin instagram stories.
  • SFS (Shoutout For Shoutout), saling promosiin bisniiiiis sesama onlineshop. Saling promote bisniiiiis.
  • Endorse. Semisal dapet seleb, minta diupload di Path, soalnya di Path sifatnya personal. Kalimat testimoni kita sendiri yang bikin. Path udah dihapus tapi, btw. wkwkwk


Aplikasi Chat (Line, BBM, WhatsApp, dan lain-lain)
BBM, btw masih pada pakai BBM nggak sih? Jujur aja, aku udah enggak. Tetep kushare aja tapi, yak. Kayak gini kalo mau promo bisniiiiis kita di BBM.

Display name: !Produk | Nama Bisniiiiis Kita | No. HP
Kenapa pakai (!) di depan? Karena nama kita bakalan muncul di awal kontak.

Display picture: model, tiap gambar jangan lupa dikasih watermark kontak bisniiiiis kita. Packing, kasih caption. Misal, “alhamdulillah orderan hari ini …”. Testimoni, yang paling powerfull adalah dicapture, harus real!

Kategori Kontak. Pisahkan kontak yang pernah order dan yang belum pernah order bisniiiiis kita.

Autotext. Fungsinya di bisniiiiis buat jawabin customer secara otomatis.

Database Customer.
Di data customer bisniiiiis kita, bisa kita simpen dengan menuliskan nama, email, kota, tanggal lahir/umur (tujuannya buat sasaran pasaran bisniiiiis kita), nomor HP, tau kontak kita dari mana (bertujuan buat tau habitnya).

HIPNOTEXT “Visualisasi Diskon/Harga Produk Bisniiiiis”
Contoh 1:
Diskon 15%-30% (SALAH)
Diskon sampai 30% (BENAR)

Contoh 2:
Promo! Hanya 30ribu, khusus hari ini! (SALAH)
Cuma 70ribu 30ribu, khusus hari ini! (BENAR)

Lipatgandakan! Bisa nih, omset bisniiiiis kita bikin berlipatganda, caranya tawarin lagi, tawarin lagi.
  “Nggak sekalian sama produk A, ongkirnya jasi cuma sekali loh.”
  “Sist, tambah produk B aja, nanti dapet bonus produk C, free ongkir.”

MINIMALISIR brosur biar nggak dibuang. Misal, “brosur ini jangan dibuang –potong di sini-

Memaksimalkan SOSMED buat bisniiiiis kita

  • Pilih media dan fokusin satu topik yang sesuai dengan bisniiiiis
  • Tentuin target bisniiiiis
  • Konten bisniiiiis yang positif
  • Konsisten, aktif nawarin.
  • Saling support antar pebisniiiiis

Pakai softselling, jangan sampai dikenal sebagai tukang jualan.

Jual kelebihan di bisnis online-mu! Misal:

  • Sangat mudah, SEMUA ORANG bisa.
  • Lebih TERJANGKAU.
  • Lebih AMAN.
  • DOMAIN nggak perlu bayar.

Pentingnya WEBSITE untuk bisniiiiis!
Kalau kita terjun di dunia bisnis online, website itu salah satu hal penting yang bisa mendukung bisniiiiis kita biar bisa jalan terus. Kenapa website penting untuk bisniiiiis?

  1. Orang pasti tanya, produk dari bisniiiiis kita kayak gimana.
  2. Website bagi bisnis online dianggap sebagai brosur digital.
  3. Website sama artinya dengan toko yang ‘buka’ 24 jam/7 hari bagi bisniiiiis kita.

Terus, syarat web yang bagus buat bisniiiiis tuh gimana sih?

  1. Domain berbayar (.com, .net, .org, .co.id, dll)
  2. Aman dari hacker
  3. Gampang dioperasiin, bahkan dari HP
  4. Punya situs SEO lengkap
  5. Terintegrasi sama sosmed lain
  6. Ada fitur email, fitur labelling produk
  7. Kalo toko online ada fitur chart
  8. Ada fitur berganti tema desain
  9. Responsif terhadap mobile
  10.  Ada banner iklan promosi
  11.  Ada fitur artikel buat blog

BONUS nih, Gaess. Tips simpel tapi ampuh buat SEO biar banyak yang mampir di toko bisniiiiis kita.

  1. Tentuin kata kunci > google suggestion
  2. Rutin nulis artikel > minim 3 artikel per minggu
  3. Tempatin kata kunci dalam artikel > minim 3 kata kunci per artikel, maksimal 10 kata kunci. Kenapa kata kunci? Soalnya Google nyari keyword yang sering dicari. Jadi yang bakalan muncul di awal yang sering dicari.

Nahhh, sekian dulu sharing dari catetan berserak ini, Gaesss. Paham nggak paham sama point-point di atas, dikira-kira aja positifnya gimana, yak! Semoga bisniiiiis yang udah jalan makin sukses, yang baru merintis bisniiiiis segera melejit. Yang dikejar orderan dari gadget makin klunting-klunting bisniiiiisnya. Salam dari mantan bankers abal-abal 😜😜😜 Semoga Allah selalu melimpahkan nikmat kepada bisniiiiis kita semua.

6 thoughts on “Tips Bisnis Online Dikejar Orderan dari Gadget!

  1. Keren banget catatan berseraknya. Setuju banget ama poin klo ucapan adalah doa. Sering-sering aja bilang milyar-milyar-milyar, hehe.. Biar bisnis kita beneran menghasilkan milyar untuk kita. Yang penting, entah apapun toolsnya, entah seberapa powerfull tools yg kita pake, atau seberapa banyak sumber uang kita, dalam bisnis klo enggak tahan banting dan bisa nangkep peluang bakalan cepet-cepet digulung ombak pantai utara dan bertemu squidward.

    Follow IG ku kakak, hihi.. (@novianpmb)

    1. Ketemu tetangganya squidward aja, Mas. wkwkwk, bahasanya digulung ombak panta utara.
      Makasi udah mampir, btw. Emang kalo terjun di dunia bisnis musti tahan banting, nggak di dunia bisnis juga sih sebenernya yak.
      Bisa peka aja sama peluang udah sippp itu.

      follow done! 😀

  2. tulisan yang sangat menarik, berawal dari ketidak sengajaan membuat kita mendapat kan banyak ilmu.ya itulah yang dinamakan tidak ada yang sia sia didunia ini tegantung bagaimana kita menyikapinya.terimaksih ilmunya semoga berkah buat kita semua

    1. Terimakasih udah mampir, Mas.
      Emang kadang kita musti tanggap sama sekitaran kita, biar banyak pula ketidaksengajaan lainnya yang kita temui yang ternyata justru mengandung ilmu, mas. asikkk 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *