Makanan

Resep Soto Ayam Banjar

Assalamu’alaikum, Gaesss.
Alhamdulillah memasuki bulan puasa hari ke-4 di Ramadan 1440 H ini, kita semua masih semangat buat terus beribadah lebih baik lagi. Semoga menjadi berkah buat kita semua.

Nah, kalau kemaren udah bikin roti goreng isi dengan cocolan selai cokelat buat buka puasa, hari ini aku bakalan kasih resep baru lagi nih, yaitu resep Soto Ayam Banjar. Resep Soto Ayam Banjar ini aku ambil dari buku catatan masak Bundaku yang hobi banget nulis-nulis resep masakan dari acara televisi. Banyak banget resepnya, salah satunya Soto Ayam Banjar. Hoho

Mungkin belum banyak yang tau kalo Soto Ayam Banjar ini merupakan resep masakan asli dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Yuk, intip apa aja bahan dan bumbu yang diperlukan, juga bagaimana cara memasak Soto Ayam Banjar.

SOTO AYAM BANJAR

Bahan:

  • Ayam
  • Jeruk nipis
  • Jahe
  • Pika
  • Air

Bumbu:

  • Bawang merah & bawang outih
  • Kemiri
  • Kunyit
  • Cengkeh
  • Kayu manis
  • Kapulaga
  • Pala

Cara memasak:

  1. Rebus semua bahan sampai mendidih dan ayam matang.
  2. Setelah mendidih dan matang, ambil ayam lalu disuwir-suwir. Sisihkan. Airnya digunakan untuk kuah soto.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit lalu ditumis sampai harum.
  4. Setelah itu, masukkan cengkeh, kayu manis, kapulaga dan pala, tumis lagi sampai harum.
  5. Kemudian masukkan ke kuah soto.
  6. Masak sampai air mendidih.
  7. Siap dihidangkan dengan telur rebus, ayam suwir, daun bawang rajang halus, dan bawang goreng.

Saran penyajian:

  • Taruh nasi atau lontong ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan ayam suwir dan telur rebus, kemudian siram dengan kuah soto.
  • Tabur daun bawang dan bawang goreng.

Soto Ayam Banjar siap dinikmatin, Gaesss. Jadi, kalo lagi pengen makan Soto Ayam Banjar, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Banjarmasin. Bisa bikin sendiri di rumah dan dinikmati bersama keluarga.

2 thoughts on “Resep Soto Ayam Banjar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *