Resep Nasi Goreng Hitam


BPN RAMADAN CHALLENGE, RESEP MASAKAN / Jumat, Mei 10th, 2019

Bagi-bagi resep lagi yuk, Gaes. Kali ini mau share resep nasi goreng. Siapa sih yang nggak suka sama nasi goreng? Bisa jadi malah makanan favorit sejuta umat di Indonesia, karena nasi goreng menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang juga populer sampai mancanegara. Hoho

Biasanya, nasi goreng dijual di warung-warung pinggir jalanan, restauran, atau kita bisa menemukan pedagang keliling dengan gerobaknya yang khusus menjajakan nasi goreng. Nasi goreng sendiri banyak banget macemnya. Seperti nasi goreng jawa, nasi goreng mawut, nasi goreng seafood, dan masih banyak kreasi nasi goreng lainnya. Semakin kesini masyarakat juga semakin kreatif dalam mengkreasikan makanan, apalagi nasi goreng.

Yuk, kita kreasi juga bikin nasi goreng. Kali ini aku bikin nasi goreng hitam. Mau tau bahan, bumbu dan cara bikinnya? Cusssss!

Bahan Nasi Goreng Hitam:

  • Nasi
  • Keluak
  • Telur

Bumbu Nasi Goreng Hitam:

  • Cabe merah
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Bawang putih cincang
  • Kaldu bubuk
  • Minyak wijen 1 sdm
  • Merica bubuk
  • Minyak ikan
  • Kecap
bahan dan bumbu

Cara memasak Nasi Goreng Hitam:

  1. Haluskan cabe merah, bawang merah dan bawang putih.
  2. Tumis bawang putih yang dicincang sampai harum.
  3. Setelah harum, masukkan telur lalu aduk-aduk acak sampai matang.
  4. Tambahkan kluwak 1 sdm (yang sebelumnya direndam dengan air panas), tumis lagi sampai tercampur rata dengan telur
  5. Tambahkan nasi, bumbu halus, aduk rata lagi
  6. Lalu, tambahkan kaldu bubuk, minyak wijen, merica bubuk, minyak ikan, dan kecap.
  7. Aduk sampai rata dan matang.
Nasi Goreng Hitam

Yay! Nasi Goreng Hitam siap disantap! Kamu bisa nambahin kerupuk atau yang lainnya. Di keluargaku sendiri emang paling suka kalo dimasakin nasi goreng. Praktis dan bikinnya nggak lama. Nasi goreng yang kubikin ini emang agak beda loh ya, Nasi Goreng Hitam. Kenapa hitam? Iya, karena pakai keluak atau kluwak yang bisa memberi warna hitam pada masakan. Keluak ini selain biasanya dipakai buat bumbu rawon, juga bisa menjadi bahan buat bumbu masakan-masakan nusantara.

Penasaran? Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *