Makanan

Menggunakan Panci Presto untuk Resep Bandeng Presto Enak

Siapa yang nggak suka sama bandeng presto? Ikan dengan duri-duri yang lunak ini pasti bikin ketagihan dong. Yups! Bandeng presto merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bandeng presto menjadi salah satu oleh-oleh makanan yang wajib dibeli ketika di Semarang. Dulu, bandeng presto cuma diproduksi dalam skala kecil saja oleh kalangan sempit. Tapi, bandeng presto yang ditemukan oleh Hanna Budimulya pada tahun 1977 ini, sekarang digemari oleh banyak orang dan berkembang sampai saat ini.

Cara memasak bandeng presto adalah dengan cara dipresto. Presto sendiri adalah cara memasak dengan menggunakan uap air. Dengan dipresto, berarti bandeng yang akan dipresto dimasukkan ke dalam panci presto yang dikunci dengan rapat. Penggunaan panci presto bisa memengaruhi hasil dari bandeng presto lhooo. Jadi, pastikan tau cara menggunakan panci presto dengan aman, yaaa.

Nah, pas banget kalik, ya. Di musim penghujan begini, apalagi beberapa dari kita masih work from home (WFH), bisalah ya, sesekali bikin resep bandeng presto ala-ala. Hehe

Yuk, keluarkan kreasi masak-memasak yang selama ini terpendam. Yakannn kata banyak pihak, WFH ini membuat orang-orang mendadak jadi juru masak handal. Mari kita coba resep bandeng presto, mudah dan enak.

Resep bandeng presto, mudah dan enak

Bahan utamanya:
ikan bandeng sesuai kebutuhan

Bumbu yang digunakan:
Bawang putih secukupnya
Ketumbar secukupnya
Kunyit secukupnya
Daun salam secukupnya
Sereh secukupnya

Cara pembuatan resep bandeng presto menggunakan panci presto:

  1. Belah ikan bandeng di bagian tengahnya, tetapi jangan sampai terputus.
  2. Haluskan bumbu-bumbu; bawang putih, ketumbar, dan kunyit.
  3. Setelah itu, oleskan bumbu halus tadi ke dalam belahan bandeng yang sebelumnya sudah disiapkan.
  4. Setelah itu, kukus di panci presto. Sebelum dikukus, taruh daun pisang di saringan panci presto sebagai alas.
  5. Masukkan daun salam dan sereh ketika proses pengukusan bandeng.
  6. Bandeng di kukus selama 1,5 (satu setengah) jam atau 2 (dua) jam. Sesuai kebutuhan.
  7. Setelah matang, sajikan sesuai selera. Bandeng presto siap disantap.

Gimana, mudah kan yaaa. Cara menggunakan panci presto juga aman, kannn. Kalau kita bisa lebih banyak berkreasi, pasti akan banyak hidangan atau menu-menu bandeng presto yang beraneka macam rupa dengan resep yang berbeda-beda.

Kalau masih bingung mau dimasak bagaimana ikan bandeng, sekarang banyak juga, kok, platform-platform memasak yang bisa dikunjungi. Nggak hanya resep bandeng presto, di sana akan ada banyak sajian resep yang menggiurkan.

Dengan sekali klik di layar ponsel, kita bakal dialihkan menuju resep-resep apa yang sedang kita cari. Tinggal dibikin deh. Nggak ada lagi deh, alesan bingung mau masakin keluarga apa.

Semoga resep bandeng presto dengan penggunaan panci presto ini bermanfaat, ya. Meskipun di rumah aja, tetep jaga kesehatan dan selalu cari celah buat bahagia! Masakkkkkk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *