Event

Aman! Investasi Reksa Dana Syariah di Manulife

Sabtu kemarin (16/03) bertempat di KIRAKIRA Resto & Cafe Semarang, berlangsung kopdar investarian bersama PT Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) dengan lancar dan seru. Ini adalah rangkaian terakhir dari kopdar sebelumnya yang diadakan di Verve Bistro, Januari lalu. Dan berharap akan ada babak baru untuk belajar lebih dalam bersama MAMI. aamiin.

Sedikit mengulang materi lalu, Pak Legowo Kusumonegoro selaku Presiden Direktur MAMI mengingatkan kembali tentang pentingnya berinvestasi. Kenapa penting? Karena dengan berinvestasi kita turut melawan inflasi. Investasi sendiri bisa menjadi modal masa depan, sebab target dananya harus tumbuh lebih cepat dari inflasi, hal ini bertujuan supaya nantinya cukup ketika akan digunakan.

Di MAMI, investasi bisa menggunakan reksa dana, program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragam instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset (Manajer Investasi).

Reksa dana yang kita beli ini berupa unit. Tergantung dari perkembangan pasar, nilai unit penyertaannya bisa naik bisa juga turun. Sebab itulah, setiap investasi memiliki resiko. High risk high return. Jadi, baiknya cari tau dulu investasi mana yang cocok untuk kita pakai. Boleh saja mencoba semua reksa dana, asal kita menunjuk partner yang tepat untuk memanage.

produk reksa dana yang bisa kamu pilih

Jika kamu siap mengambil resiko yang tinggi, dengan otomatis pendapatan juga akan tinggi, kamu bisa memilih reksa dana campuran yang komposisinya ada saham, obligasi dan pendapatan tetap.

Di sesi ini Pak Legowo juga sempat membandingkan invest saham sendiri dengan invest saham reksa dana. Berikut perbandingannya.

perbandingan invest saham sendiri vs reksa dana

Dengan membaca perbandingan di atas, kamu bisa langsung menentukan, mau invest saham sendiri atau reksa dana.

Reksa Dana Syariah

Selain reksa dana konvensional, MAMI juga menyediakan produk yang sesuai dengan syariah islam. Reksa dana syariah ini selain lolos seleksi OJK juga telah lolos seleksi dari Dewan Syariah Nasional MUI.

Kegiatan di perusahaan beroperasi sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal dengan wakil (Manajer Investasi), atau wakil dengan pengguna investasi. Para pemodal memiliki hak atas hasil investasi reksa dana. Pemodal juga berhak atas bagi hasil.

Total utang tidak boleh melebihi 45 persen dari total aset, serta total pendapatan bunga dan non-halal kurang dari atau sama dengan 10 persen dari total pendapatan usaha.

Penempatan unit hanya pada instrumen yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah. Instrumen di dalam reksa dana syariah tersebut terdiri dari pasar uang syariah, sukuk, serta saham syariah.

Bagi kamu yang muslim, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi reksa dana syariah, yaitu:

  • Maisir, judi, permainan di mana ada yang menang dan kalah
  • Gharar (ketidakpastian)
  • Riba (bunga), baik dalam jual-beli maupun pinjam-meminjam
  • Haram, yang dilarang/bertentangan dengan hukum syariah
  • Najasy (penawaran palsu)
  • Risywah (suap)
  • Zhulm (ketidakadilan)
  • Mudarat (tidak bermanfaat)
  • Ikhtikar (penimbunan)
  • Tadlis (penipuan)

Namun, jangan ragu jangan khawatir, proses reksa dana syariah di Manulife ini dipantau juga oleh UPIS (Unit Pengelola Investasi Syariah MAMI). Jadi, kalau kamu ingin mencoba reksa dana syariah, ayok aja, insyaallah aman.

Sebelum kopdar diakhiri, para investarian dipandu oleh Mas Surya mengunjungi situs web www.klikmami.com untuk mengetahui seluk-beluk dari web tersebut.

Kamu tidak perlu datang ke kantor MAMI untuk pendaftaran investasi. Cukup kunjungi situs webnya, lengkapi data yang diminta, kamu sudah bisa berinvenstasi dengan unit reksa dana. Selain membeli, di sana kamu juga bisa memindahkan/mengganti investasi dengan produk lainnya. Jika mau mencairkan, kamu tinggal menjualnya saja.

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi medsos MAMI atau manfaatkan layanan customer service MAMI.


8 thoughts on “Aman! Investasi Reksa Dana Syariah di Manulife

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *