Event

KOPDAR INVESTARIAN #2 – RENCANAKAN MASA DEPAN DENGAN REKSA DANA MANULIFE

FOTO: @dikoko.production

Selamat tahun baru 2019, Gaesss. Wkwkwk.
Gimana, resolusi tahun kemaren udah nutup? Atau masih membentang luas belum kesampaian juga? Gaskeuuuun! Sama kok, sama.

Taulah ya, impian apa yang sedang kurancang. Bener! Kemaren sempet kushare, nyempil di artikel Kopdar Investarian #1.

Nganu, Gaesss, salah strategi kayaknya. Bejonya, aku tercerahkan dengan acara Kopdar Investarian #2 yang diadain sama PT. Manulife Asset Management Indoneia (MAMI) di Verve Bistro Semarang, Sabtu lalu (12/1).

Kalau di kopdar pertama lebih kepada pengenalan dasar tentang reksa dana Manulife, di kopdar kedua kali ini aku dan temen-temen blogger Semarang belajar terkait perencanaan keuangan. Yaaa, semacam disadarin kalau kita tuh nggak mungkin kaya terus. Eh, gimana sii. Pokoknya, pentinglah kita bikin rancangan jangka panjang buat keuangan kita.
Caranya gimana coba? Strateginya tuh gimana? Cussss!

SHARING INVESTASI BERSAMA BAPAK LEGOWO KUSUMONEGORO
Yap! Ketemu lagi sama Presiden Direktur MAMI, Bapak Legowo Kusumonegoro. Beliau bilang, nggak ada investasi yang no risk – high return, itu bodong biasanya. Invest, resiko tinggi tapi mampu tumbuh ngalahin inflasi.

Nah, ngomongin inflasi nih, Gaes, tau kan si silent robber.

Dari grafik di atas, Bapak Legowo ngejelasin kalau investasi itu bisa dijadiin salah satu upaya untuk kekayaan/rejeki kita untuk bisa tumbuh ngalahin inflasi. Dilihat dari grafik paling kiri, kalau kita nabung kayak biasa, nilai duit bakal menurun terus, sedangkan inflasi bisa naik sampai 5%. Grafik yang tengah itu, kayak kita kalo investasi emas, yang secara jangka panjang nilainya dengan inflasi sama, impas karena dianggap sebagai alat pelindung nilai. Terus, grafik ujung kanan adalah investasi, dimana bunganya bisa lebih tinggi dari inflasi.
Kemudian nongol pertanyaan, investasi bukannya berisiko?

Lah nabung juga ada risikonya keleus, semua yang kita pilih juga berisiko, mengaguminya diam-diam juga berisiko. Bedanya risiko nabung sama risiko investasi itu, ya kayak yang dibilang Bapak Legowo tadi, kalo invest risikonya tinggi, tapi mampu tumbuh ngalahin inflasi, sedangkan nabung, risiko emang minim, tapi segitu-gitu aja dapetnya. Percayalah, dengan tujuan yang jelas dan disiplin, risiko tuh bisa dikelola. Bisa terwujud, deh, tujuan hari esok kita.

MBAK EVELYN, “TULIS TIAP TUJUAN YANG BAKAL KITA CAPAI DENGAN DETAIL!”
Lanjut ya, Gaesss. Ada Mbak Evelyn nih yang ngasih strategi, cara biar keuangan kita aman buat impian-impian kita dalam jangka waktu yang panjang. Impian di sini tuh terkait tujuan-tujuan dalam hidup gitu, Gaes. Nah, buat investasi jangka panjang, jangan deh kalo jadi spekulan. Spekulan itu orang yang invest tanpa tujuan yang jelas, nggak tau dasarannya, ikut-ikutan aja gitu. Sedangkan investor jelas, mereka berinvestasi dengan tujuan yang jelas dan tau dasar-dasar investasi.

Kata Mbak Evelyn, ada 3 hal yang musti kita kerucutin untuk tiap tujuan-tujuan yang kita impikan dalam hidup, yang mungkin nggak cuma satu. Tulis dengan detail, apa? berapa? dan kapan? Dengan begitu, kita bisa punya bayangan investasi apa yang bakal kita pakai dan berapa banyak duit yang musti kita sisihin ditiap bulannya.

Di bawah ini adalah contoh perhitungan pengeluaran buat tujuan/impian/kebutuhan kita di masa depan.

Hasil perhitungan memakai form kalkulator dari website Manulife.

Gimana Gaes, udah kebuka belum? Kira-kira nih, bisa dong ya resolusi tahun ini kesampaian? In syaa Allah. aamiin aamiin aamiin. Kuy, rencankan masa depanmu dengan berinventasi di Reksa Dana Manulife!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *