Kopdar Investarian #1 – Mengenal Investasi Bersama Reksa Dana Manulife

Wiken udah kelar, Gaes, besok udah Senin lagi… Gimana, isi dompet masih aman? Atau udah mulai nipis karena habis traktir si dia? Atau justru mulai lenyap karena hal-hal nggak penting yang kamu beli demi nurutin gengsi? Yaelah Gaes, insyaf…, insyaf….

Memang nggak bisa kita hindari, makin kesini biaya hidup makin meroket. Kalo kalian nggak bisa kontrol duit, siap-siap dah finansial porak-poranda. Apalagi kalo kalian tipe manusia kayak aku, kepengenan atau impian bejibun banget, macem travelinglah, punya rumah sendirilah, umrohlah, dan yang akhir-akhir ini kebayang adalah me-ni-kah! Itu semua masih dalam perjuangan karena calonnya modalnya belum juga ada. Beuh! *mintadoanyadong…


Sebenernya ada dua cara yang bisa kita lakuin biar kepengenan kita bisa terwujud, yang pertama: kita coba hidup irit. Irit bukan berarti kita nggak bisa makan enak, liburan nyaman atau punya smartphone baru loh, tapi lebih ke priority spending, dimana kamu bisa utamain duit kamu buat belanjain hal-hal yang emang penting dan kamu butuhin. Kedua: invest. Coba investasiin duit kamu. Karena apa? Diem-diem kita ini punya musuh besar loh, yaitu si silent robber atau biasa disebut inflasi.

Menurut Bank Indonesia, inflasi diartikan sebagai kenaikan harga secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu yang juga mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya. 

Nah kannn, bayangin kalo kita nggak investasi sama sekali! Banyak kok, macem-macem investasi tuh, kayak tabungan, emas, properti, saham, dan juga reksa dana.  Dari sekian investasi tersebut aku mulai kenalan sama reksa dana.

Reksa Dana Manulife
Minggu, 30 September kemarin aku barengan temen-temen blogger diundang ke acara Kopdar Investarian Bersama Reksa Dana Manulife yang diadain di kantor Manulife Semarang, jalan Pandanaran no. 16-18. Oleh Bapak Legowo Kusumonegoro selaku Presiden Direktur PT Manulife Aset Managemen Indonesia (MAMI), siang itu beliau berbagi ilmu terkait dengan reksa dana.

Bapak Legowo Kusumonegoro memaparkan tentang reksa dana.

Reksa dana adalah program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor dan berinvestasi pada beragam instrumen serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset (Manajer Investasi).

Macam dari reksa dana sendiri adalah:

  • Reksa Dana Pasar Uang, seluruhnya instrumen pasar uang. Potensi hasil dan fluktuasi cenderung stabil.  
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap, minimal 80% obligasi. Potensi hasil dan fluktuasi rendah.
  • Reksa Dana Campuran, porsi obligasi dan saham lebih imbang. Potensi hasil dan fluktuasi sedang. 
  • Reksa Dana Saham, minimal 80% saham. Potensi hasil dan fluktuasi tinggi.

Bagi pemula yang pengen coba-coba investasi nih, Pak Legowo lebih rekomendasiin reksa dana yang cocok adalah reksa dana pasar uang. Kelebihan dari reksa dana pasar uang ini adalah stabil dan nggak bikin deg-degan; tolok ukur deposito 1 bulan (net setelah pajak), bisa beli dan cairin kapan aja; investasi minimal 10ribu!

Terus apa kelebihan dari investasi reksa dana dibandingin sama investasi lainnya? Ini nih…

Cara invest-nya bisa dimulai dengan,
Pembelian (subscription). Ketika kita investasi di reksa dana, dana yang kita investasikan dibelikan ‘unit’ reksa dana. Selanjutnya,
Investasi berkembang. Nilai investasi kita bakal naik-turun seiring dengan naik-turunnya harga unit reksa dana. Lalu,
Pencairan (redemption). Kapanpun, ketika dirasa nilai investasi telah berkembang cukup banyak, kita dapat mencairkan ‘unit’ reksa dana kita, dan nikmatin hasilnya.

Unit suatu reksa dana bisa “ditukar” dengan unit reksa dana lainnya. Kapanpun kita mau. Ini disebut pengalihan (switching).

Investasi Bersama MAMI
Dari sharing bareng Pak Legowo tadi, aku jadi pengen juga investasi reksa dana. Tujuannya ya nggak lain buat wujudin impian-impian yang udah kusebutin di awal tadi. Kamu juga bisa nyoba investasi bareng Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) lewat klikMAMI.com. Yuk Gaes, kurangin foya-foya dan mulai investasi pintar dengan hasil yang cetar

Informasi lanjut terkait dengan MAMI bisa diintip juga di:
Facebook: @reksa.dana.manulife
Instagram: @reksa.dana.manulife
Twitter: @ManulifeRD

Selamat berinvestasi, Gaes!!! 😊😊

Foto Bersama Investarian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *