Bisnis

Kisah Sukses dan Tips Untuk Wirausaha Wanita

Aga Rahmadani dengan para peserta Womenwill

Ada yang menarik ketika aku menghadiri acara womenwill di akhir bulan Maret kemarin. Buat kamu yang belum tau apa itu womenwill, womenwill adalah inisiatif Google untuk menciptakan peluang ekonomi bagi wanita di seluruh dunia, sehingga mereka dapat berkembang dan berhasil.

Melalui pelatihan, acara, dan advokasi, womenwill hadir membantu wanita memaksimalkan teknologi untuk mengasah keterampilan, mendapatkan inspirasi/ide dan terhubung satu dengan yang lainnya.

Adalah Aga Rahmadani, seorang ilustrator dan designer profesional yang menjadi fasilitator di acara womenwill dengan membawakan materi tentang tips untuk wirausaha wanita. Sebelum menyampaikan materi, Aga berbagi kisah bagaimana ia bisa menjadi ilustrator internasional seperti sekarang ini.

Aga lahir dari keluarga saintis, dimana hal itu sangat bertolakbelakang dengan dirinya. Dia bercita-cita menjadi seorang seniman ketika menyadari bakat menggambarnya sejak kelas 5 SD. Demi mewujudkan cita-citanya itu, Aga memutuskan untuk mengambil jurusan Seni Rupa DKV di Universitas Negeri Semarang (Unnes) di tahun 2010.

Tidak mudah menghadapi orang-orang terdekat yang tidak mendukung apa yang menjadi keinginan kita, terlebih orangtua sendiri. Demikian yang dihadapi Aga, di-judge oleh keluarganya sendiri karena sampai dengan semester 10 belum juga lulus kuliah. Mau jadi apa kamu?! Gitu kira-kira protes dari keluarganya. Bukan karena malas sampai akhirnya dia bisa menyelesaikan kuliahnya di semester 14, tetapi karena Aga kebanjiran job atau sibuk dengan project freelance illustration-nya sejak tahun 2015.

Merasa tidak mendapat dukungan, Aga sempat kabur dari rumah dan memilih tinggal di kosan. Dari sikon itulah kemudian dia mulai mencari pundi-pundi rupiah sendiri dengan mengirim proposal ke editor atau penerbit. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia. Aga juga meng-upload karyanya di medsos. Dia bergabung di grup ilustrator profesional, meskipun dia mengakui ketika itu belum profesional. Sampai tiba-tiba, sebuah penerbit dari Malaysia, Karangkraft, mengubunginya untuk membuatkan ilustrasi. Itulah yang menjadi orderan pertama untuk seorang Aga.

Tidak berhenti sampai di situ. Ketika ternyata dari Karangkraft membagikan hasil karyanya, banyak editor dan penulis menguhubungi Aga untuk bekerja sama. Portofolianya semakin bertambah. Sekarang dia memiliki 7 karyawan yang membantunya untuk menghandle klien dari berbagai negara seperti Amerika, Inggris, Eropa, India, Jepang, dan Australia.

Jadi, meskipun Aga lulus di semester 14, di hari wisudanya dia justru mendapatkan penghargaan dari kampus sebagai mahasiswa berprestasi internasional.

Lalu, apa sih yang bisa kita pelajari dari kisah suksesnya seorang Aga, salah satu wanita yang menginspirasi ini?

Jangan pernah takut dengan batasan mengenai perempuan. Kamu harus berani mencoba, karena tanpa mencoba, kamu tidak akan menghasilkan apa-apa. Hilangkan apa-apa yang menghambatmu untuk berwirausaha.

Usaha bisa dimulai dari hobi/passion. Banyak wanita yang memiliki beragam keterampilan. Ketika mereka berhasil mengasah dan mengeksplore kemampuan mereka menjadi sebuah potensi untuk berwirausaha, bukan tidak mungkin itu akan membantu masyarakat menemukan apa yang mereka butuhkan. Misal, merias, memasak, menjahit, membuat keterampilan, dll.

Manfaatkan medsos, pemasaran digital akan sangat membantu. Dengan teknologi yang semakin canggih, kegiatan berwirausahamu akan menjadi lancar dan mudah. Pemasaran digital akan membawa produkmu menjangakau daerah dan masyarakat yang lebih luas. Bisa jadi kamu juga akan terkoneksi dengan pengusaha-pegusaha lainnya.

Wanita bisa berkompetisi dengan hebat. Sebagai wanita, tentu saja bisa berkompetisi dengan pria. Berwirausaha dengan hebat untuk meraih kesuksesan.

Dapet temen baru, yay!

Namun, ada hal yang perlu kamu pikirkan ketika berwirausaha. Adakalanya ujian datang mengampiri usahamu, kamu jadi nge-drop. Nah, Aga memberikan tips agar kamu selalu terdorong dan tidak berhenti untuk terus berusaha.

  1. Do your best! Kembangkan potensi yang ada di dirimu.
  2. Focus! Konsisten dengan apa yang sudah kamu kerjakan.
  3. Strong! Jangan larut ketika down. Lakukan review, apa yang kurang dari usaha kita.
  4. Logic! Gunakan otak, jangan mudah baper ketika mendapatkan kritik dari customer.

TIPS UNTUK WANITA WIRAUSAHA

Percaya pada dirimu sendiri.
Kepercayaan diri akan membantumu mencapai cita-cita dan kesuksesan yang kamu idamkan.

Orang-orang sukses adalah pembelajar yang baik. Setiap kamu memiliki jalan kesuksesan yang berbeda-beda. Kamu bisa belajar dimana pun, kapan pun, dengan siapa pun. Kamu juga bisa memanfaatkan event seminar, kursus, atau pelatihan untuk meningkatkan potensimu.

Berteman dengan teknologi. Teknologi menjadi komponen yang penting untuk mengembangkan usahamu karena dapat memudahkan komunikasi bisnis dengan tim dan pelanggan, meningkatkan penjualan dan meningkatkan efektivitas kerja. Apalagi, sekarang ini sudah serba digital.

Terakhir nih, tips dari Aga biar kamu lebih mudah meraih apa yang kamu ingin.

  1. Set your goal! Bikin dialy rutin. Apa saja yang akan kamu kerjakan dan selesaikan saat itu.
  2. Vision boards! Print quotes/gambar yang berkaitan dengan goals-mu. Tempelkan di dinding atau di tempat yang biasa sering kamu lihat.
  3. Percaya sama mimpimu! Jangan pernah berfikiran negatif terhadap diri sendiri.

Semoga bermanfaat, ya!

numpang eksis, Gaesss!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *