Human

JADI, UDAH BERAPA ORANG YANG KAMU SIA-SIAKAN DALAM KEHIDUPANMU?

pixabay.com

Januari udah kelar aja, Gaesss. Selamat menjelajah Februari.

Waktu tuh cepet banget yak, kayak hubunganku sama dia dulu, cepet bubarnya. Wkwkwk. Nggak apa-apa, santai kok. Justru dari yang bubar-bubar itu aku jadi makin ngerti kalo hidup emang seabsurd dan sebegitu hobinya bikin kejutan.

Kadang suka nggak peka sama orang-orang yang dateng di kehidupanku yang biasa-biasa aja ini. Yang datengnya 5-10 menitlah, 2 mingguanlah, 1-2 bulananlah, bertahun-tahun pun, kadang terlewat: ini maksud dipertemukan sama orang-orang ini tuh, Tuhan punya maksud apa yaaa?

Dan itu bakal kejawab setelah orang-orang itu ngilang. Dari sanalah, kalo kita mau peka, kita bakal dapet ‘pelajaran’. Jadi, sebenernya kita nggak perlu meratapi orang-orang yang pergi dari kehidupan kita dengan berlebihan. Cukup sewajarnya aja. Tapi ya emang orang beda-beda sih, ya.

Kayak belum lama ini. Ceritanya lagi nongkrong, di luar hujan deres banget emang. Tiba-tiba ada yang nyamperin mejaku nih, Si Bapak Tua yang menggigil sembari nawarin dagangannya, kayak jajanan gitu. Dikeluarin semua tuh dagangannya, berharap aku bisa bayar itu semua. “Tolong, Mbak. Saya terpaksa banget. Buat makan nggak ada uang,” suaranya gemetar dan lirih. Singkat cerita, ternyata karyawan di tempat nongrong ini lihat dan terganggu, diusirlah si Bapak Tua ini. Akhirnya dengan jalannya yang begitu lambat, si Bapak Tua ini keluar.  Ajaibnyaaa, hujan langsung reda! Buatku sih ajaib, nggak tau kalo menurut kalian biasa aja. Nggak lama dari itu, aku mau balik nih, hujannya balik lagi. Sebercanda itu, kadang.

Ada lagi nih. Orang baru kenal. Inget bener aku tuh, dua minggu persis jangka waktuku kenalan sampe akhirnya orang itu ngilang. Komunikasi biasa, sempet nongkrong bareng, sekali. Jujur sih, ditemuin sama temen satu ini, dikit-dikit ada perubahan sama diriku, lebih ke arah positif yang pasti. Sampe pada momen ketika aku share acara ke dia gitu, terkirim dan belum sempet dibales, tiba-tiba kontakku diblokir dong, Gaes. Nggak cuma chat aja, semua medsosnya ikut ngilang juga. Di sini bukan dianya yang kenapa, tapi ada apa sama aku? Positifnya, cuma dua minggu aja, seenggaknya ada hal positif yang nempel di aku. Kupikir Tuhan emang udah punya plan hal-hal semacem itu buat makhluk-makhluk kayak kita ini. Kedepannya, aku nggak perlu kaget. Cukup intropeksi diri aja. Barangkali makin sadar diri, Tuhan makin banyak ngasih kebaikan buat hidup kita yekannn.

Dari situ, aku jadi ngerasa selama ini aku nggak bisa nangkep momen yang sebenernya, mungkin banyak banget pelajaran hidup di sana. Kita nggak tau, seberapa lama kita dikasih kesempatan buat interaksi sama orang-orang yang dateng ke kita. Siap-siap aja buat nangkep keajaiban-keajaiban yang sebelumnya nggak pernah kita sadari. Seenggaknya, kita nggak melewatkan orang-orang itu dengan kesia-siaan belaka.

Pun, kadang aku pengin ngitung gitu, udah berapa banyak momen yang kulewatin, udah berapa banyak orang yang kusia-siain padahal mereka punya ‘sesuatu’ yang mestinya bisa ‘kuambil’.

Yang udah terlanjur, nggak perlu disesali, kan? Kalo kamu udah nyia-nyiain berapa orang?

3 thoughts on “JADI, UDAH BERAPA ORANG YANG KAMU SIA-SIAKAN DALAM KEHIDUPANMU?

  1. Suka banget sama ceritanya. Aku pernah baca salah satu buku dan enggak tau kenapa kata-katanya jadi selalu aku inget sampe sekarang. Bahwa setiap orang yang ada di sekitar kita bakal memberikan makna kepada diri kita. Yakin deh, buat menurutku maknanya dalem banget. Dan ajaibnya juga terjadi, banyak orang yang aku temui ternyata punya hubungan dengan orang lain entah itu temen atau bahkan kenalan baru, jadi ngerasa kayak dunia sempit banget. Hehe.. udah ah, malah curcol.. misi numpang lewat..

    1. Di lapakku bebas curcol, Mas. wkwkwk
      Kalo ketemu orang baru dan ternyata kenal sama temen-temen sendiri tuh kayak, ini jangan-jangan orang-orang satu dunia tuh sebenernya emang saling berkaitan, cuma belum waktunya aja dipertemukan. haha

  2. Hey,
    lately I have finished preparing my ultimate tutorial:

    +++ [Beginner’s Guide] How To Make A Website From Scratch +++

    I would really apprecaite your feedback, so I can improve my craft.

    Link: https://janzac.com/how-to-make-a-website/

    If you know someone who may benefit from reading it, I would be really grateful for sharing a link.

    Much love from Poland!
    Cheers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *