INTIP YUK, KESERUAN PURBASARI INFLUENCER ACADEMY 2018 di SEMARANG!

H E L L O, Gaes! Makasih yak udah mampir-mampir lagi ke lapakku. Huehue. Kali ini aku bakal ceritain satu event yang menurutku keren plus seru banget. Event apa itu? Yap! Purbasari Influencer Academy (PIA) 2018. Ada yang tau ini event apa?

Jadi, PIA 2018 ini adalah salah satu event yang diadain oleh Purbasari dalam rangka ngumpul bareng, bertatap muka sekaligus sharing ilmu buat para beauty/lifestyle blogger, beauty influencer maupun beauty enthusiast.

Sebelum event ini digelar di Semarang, tepatnya di Gets Hotel Semarang pada Sabtu, 20 Oktober lalu, Purbasari udah roadshow ke beberapa tempat seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, juga Bali. Nantinya, roadshow terakhir bakal diadain di

Jogjakarta tanggal 3 November 2018, bulan depan. Catet tuh, Gaes, yang mau juga dapet temen-temen baru kayak aku. Percaya deh, nggak cuma temen-temen baru, kamu juga bakal dapetin pengalaman dan ilmu yang padet. Gimana enggak, di PIA 2018 ini, Purbasari ngasih narasumber yang nggak kalah keren, Gaes. Narasumber di tiap-tiap kota juga beda-beda. Di Semarang sendiri ada Anunk Aqeela, Ini Vindy, dan Natasha Estelle buat ngisi di tiap sesi dengan tema yang beda-beda pula. Yuk, intip keseruannya!

WRITING & BRANDING CLASS
Di sesi pertama ini memang begitu tema yang diangkat, tapi kalo dirasa-rasa, sesi ini lebih condong ke pembahasan gimana caranya nyiptain personal branding gitu. Tapi ya, apapun ilmunya selama itu baik dan bermanfaat, hayuk aja yekannn?! Lagian buat blogger macem aku ini, brand itu penting juga.

Mbak Anung Aqeela, seorang fashionpreneur yang menjadi narasumber di sesi ini begitu epik ketika nyampein materi tentang personal branding. Nggak ngebosenin dengan materi-materi yang dipraktikkan. Jadi, peserta juga ikut terlibat dan menikmati.

Personal branding itu bisa dibilang ketika orang lain melihat kita berbeda. Unik. Punya ciri khas tersendiri. Dan biasanya memang personal branding itu berkaitan dengan visual. Semacem gimana gaya penampilan serta tingkah laku kita gitu, Gaes.

“You are what you think”

Kamu adalah apa yang ada dalam pikiranmu. Jadi, mulai sekarang mari sama-sama berpikir yang baik-baik, yang enaena, yang jernih-jernih. Hehe

Mbak Anung juga nunjukin tuh gimana cara berjabat tangan, cara duduk, juga cara berpakaian yang nggenah. Kalau berjabat tangan, Gaes, kita mesti meremas tangan lawan kita. Ini berarti, kita percaya diri. Dan yang nggak boleh lupa adalah kontak mata, ini penting banget karena itu nunjukin kalau kita antusias dengan lawan kita.

Masalah duduk nih, Gaes, ada caranya juga gimana duduk yang baik dan bener. Pertama, pastiin punggung kita mentok di senderan kursi, tegak aja gitu. Nggak bungkuk dan nggak senderan macem orang kecapekan. Terus nih, kaki kiri ditarik ke belakang, kaki kanan ditimpangin ke kaki kiri, terus kayak dibelokin ke arah samping gitu. Udah gitu, tangan kita nih juga perlu diperhatiin. Tangan kita disatuin sampe ngebentuk kayak mangkuk. Atau kalau enggak, jari jemari di tangan satu ditautin ke jari jemari tangan satunya lagi. Tangan sendiri ini loh, bukan tangan mantan. Udah kan, terus taruh deh di atas paha. Paha sendiri ya, bukan paha ayam. *halahhh, mbaknya nggak lucu!

Terus, Mbak Anung Aqeela juga ngasih tips (kualitas) untuk personal branding, nih:

  1. Konsisten sama nama panggung. Jujur aja nih, aku masih suka ganti-ganti nama gitu. Maksudku, kadang pengen pake nama yang dari lahir udah dikasih sama orangtua, kadang masih pengen pake nama panggung aja gitu. Ngoahaha 
  2. Ceritakan dirimu. Yaudah, ceritain aja apa yang ada di dalam diri kamu. Passionmu,  prestasi kamu, apapun selama itu bukan aib. Yakalik, aib diumbar.
  3. Jalin hubungan. Gabung tuh ke komunitas-komunitas yang sesuai sama minatmu. Terus, boleh loh sesekali sok kenal sok akrab gitu, tapi ya jangan yang lebay juga.
  4. Bikin rencana yang terukur. Rencana yang realistis, Gaes, yang kamu percaya bisa kamu handle.
  5. Sering mengembangkan diri. Banyakin belajar, Gaes. Belajar nggak cuma baca buku aja, kok. Kamu juga bisa keluar dan nemuin hal-hal positif yang nggak terduga. Simpelnya, hayok bersosialisasi.
  6. Monotesasi bukan indikator kesuksesan. Monotesasi itu semacam hal yang semula nggak bernilai kita bikin jadi bernilai. Misal nih, blog yang semula buat ajang berkratifitas, numpahin curhatan doang, terus jadi dibikin ajang buat ladang nyari uang. Dan materi itu bukan indikator dari kesuksesan ya, Gaes.
  7. Pilih persona. Bakal kayak apa pribadi yang bakal kamu bangun. Pilih orang-orang yang bisa mendukung brandingmu.
  8. Pilih platform yang sesuai sama format karya. Ini sih jelas ya, Gaes, sesuaiin apa yang menjadi karyamu dengan platform yang kamu pilih.

Di akhir sharing, Mbak Anung nyampein, kalo sukses itu value. Jadi, sukses itu adalah seberapa banyak nilai yang udah kita kasih atau yang bermanfaat buat orang lain, bukan tentang seberapa banyak yang udah kita dapet.

Terakhir nih quotes dari Mbak Anung yang sempet aku rekam,

“ETIKA sangat penting dalam dalam membangun personal branding.

MAKE-UP CLASS
Ini Vindy! Buat perempuan-perempuan yang gaulnya pake make-up banget nih, siapa sih yang nggak kenal sama arek Malang Tukang Rias Ajaib ini? Mbak Ini Vindy, seorang beauty vlogger yang hits bingit, tapi tetep ramahtamah bingit. Di sesi kedua ini ada make-up class barengan Mbak Vindy. Suaranya yang khas alias medhok itu bisa jadi hiburan tersendiri selama sesi ini berlangsung.

Nggak banyak ba bi bu, Gaes, langsung tuh praktik bareng. Buat aku yang biasanya cuma bawa bedak sama lipen doang nih, agak kelabakan karena nggak ada modal. Tapi untungnya, dari pihak Purbasari udah siapin alat dan bahan buat sesi kelas ini. Hmm, jangan dibayangin ya ini udah bekas siapa aja. *eh

beberapa modal tempur yang terpakai

Diawali sama bersihin muka tuh pake pembersih dan penyegar Purbasari, terus dilanjutin pake BB Cream Natural Hydra Series. Abis itu, Mbak Vindy lanjut pake blush on, pakenya lipstik Purbasari Metallic Color Matte gitu, Gaes. Selanjutnya pake eye shadow, terakhir lipstikan deh. Tunjukin hasilnya nggak nih? Nggak usah deh ya, ntar pada kabur nggak nerusin baca tulisanku ini.😝😝😝

Btw nih, ada trik dari Mbak Vindy biar alis kita bisa simetris tanpa ribet pake penggaris. Pertama, gambar dulu tuh bagian garis bawah alis, terus dilanjut gambar bagian garis atas, jadi kayak ngikutin bentuk alis gitu, Gaess. Terakhir diarsir deh pake pensil alis. Inget, Gaes, alis dua-duanya yak. “Keberhasilan dalam melakukan tata rias (make-up) akan membantu persepsi pihak lain tentang kualitas personal.”-

PHOTOGRAPHY CLASS
Di kelas terakhir ini, kelas fotografi, Purbasari datengin narasumber yang nggak kalah kece. Nathasa Estelle. Aku, begitu dilihatin portofolionya, langsung terkagum-kagum gitu. Beneran WoW banget dah hasil jepretan Mbak Nathasa ini.

Nggak cuma materi fotografi aja, Gaes, Mbak Nathasa ini juga ngasih kesempatan praktik langsung buat foto-fotoin produk Purbasari yang udah disetting gitu. Tapi nganu, Gaes, berhubung yang pada foto-foto pake kamera LDR DSLR, dah aku mundur dulu deh. Monmaap nih, saya pakenya kamera hape biasa, biasa banget malah, yang kalo mau fokus aja kudu sampe berjam-jam. Lah malah curhat lebay gitu, kan. Fiuh! Doain ada rejeki buat ganti hape ya, Gaes. Syukur-syukur kebeli kamera. 😄

Materi fotografi yang disampein Mbak Natasha ini terkait beberapa teknik foto yang musti diperhatiin, seperti shutter speed, apperture, focal point, depth of lenght, dan jujur aja aku belum paham sama istilah-istilah dunia pepotoan kayak gitu, Gaes.


Nggak kerasa banget, waktu udah beranjak senja, Gaes. Dan berakhirlah serangkaian acara PIA 2108 di Semarang ini. Banyak banget ilmu baru yang aku bawa pulang. Udah mah gratis, dapet ilmu, balik masih dibawain goodie bag pula. Kurang sweet gimana lagi Purbasari tuh? Hoho

Pengen tau isi goodie bag-nya apaan? Banyak! Ada bedak, lulur, body lotion, color matte lipstick, dan yang bikin aku bungah banget nih, sepaket Purbasari Hi-Matte Lip Cream Hydra Series varian baru.


Purbasari Hi Matte Lip Cream varian baru.

Dari Purbasari sendiri tersedia 11 varian warna Hi-Matte Lip Cream, 6 diantarannya adalah varian baru. Purbasari Hi-Matte Lip Cream ini punya tekstur yang lembut dan ringan. Ada banyak Vitamin E dan UV Filter yang bisa banget bikin bibir kamu tetep terjaga kelembapannya, juga sebagai pelindung dari terpaan sinar matahari. Lip Cream ini juga tahan lama loh, Gaes, bisalah bikin senyummu makin memesona sepanjang hari. Halahhhh.

Dan akhirnya, tulisan ini selesai sampai di sini. Terima kasih semuanya. Terima kasih Purbasari Influencer Academy 2018. Aku numpang selpi ya, Gaes.

Jangan lupa, Gaes, masih ada kesempatan di Jogjakarta ya, November depan. Kepoin di lapak Purbasari. Buruan daftar dan rasain keseruannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *