Event

How to Make a #GoodContent ala IDN Times

Bagi Generasi Langgas, content sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Mereka berselancar di media sosial untuk meng-update informasi-informasi yang mereka butuhkan dari seluruh penjuru dunia. Tidak jarang, mereka akan mengunjungi platform-platform terpercaya dengan informasi yang dikemas sedemikian menarik, sehingga enak dibaca dan menjadi betah. Nah, salah satu platfom tersebut adalah IDN Times.

Bertempat di Rumah Sasongko Semarang, Sabtu, 9 Maret 2019 lalu, IDN Times Community hadir untuk memberikan hawa segar bagi community writer Semarang. Mereka sharing materi terkait dengan “How to Make a #GoodContent” kepada para peserta yang hadir. Diharapkan, kegiatan sharing tersebut mampu mendorong komunitas kepenulisan khususnya anggota IDN Times Community untuk lebih giat menulis.

Editor & Manager IDN Times Community, Ernia Karina, pada kesempatan itu mengatakan, hingga saat ini IDN Time sudah memiliki 80 ribu anggota yang tersebar dari seluruh Indonesia. Meskipun besar, namun hingga saat ini belum semua orang serius (anggota) menggarap kepenulisan lantaran belum mampu menjamin finansial para penulisnya dengan baik.

“Berangkat dari hal itu pula, akhirnya kita menjadikan IDN Times ini menjadi salah satu media yang juga dapat memberikan pemasukan bagi penulisnya baik dengan point yang diberikan atau pun dari berbagai event yang diselenggarakan,” kata dia di hadapan puluhan peserta kegiatan “How to Make a #GoodContent“.

IDN Times adalah salah satu media multi platform untuk katagori berita dan hiburan. Adapun produk mereka melingkupi Popbela.com, Popmama.com, Yummy, IDN Creative, dan IDN Event. Selain menggelar diskusi kegiatan “How to Make a #GoodContent“, IDN Times Community juga mengajak komunitasnya untuk hadir pada sesi kedua acara yakni One Day Travel Blogging, salah satu kegiatan perjalanan sejarah perkeretaapian Indonesia.

Para anggota komunitas diajak untuk mengenal sejarah perkeretaapian sekaligus menulis momen tersebut di akun IDN Times masing-masing anggota.

Dipandu moderator IDN Times Community Writer, Dian Arthasalina, acara berjalan lancar. Meskipun waktu itu hujan, tapi tidak menyurutkan niat belajar dari anak-anak komunitas yang terus berdatangan untuk mendapatkan ilmu kepenulisan dari sang ahli.

Salah satu narasumber IDN Times Community Writer, Siska Arifa juga memberikan tips-tips begaimana menulis konten dengan baik di akun IDN Times. Meskipun begitu, tidak semua orang yang datang diharuskan menulis di IDN Times. Namun, harapannya lebih kepada bagaimana seorang penulis mengembangkan bakat kepenulisan mereka dengan tekun dan terus diasah dengan pengetahuan yang baru.

Selain mendapatkan pemasukan, keuntungan menulis di IDN Times adalah para penulisnya akan mendapatkan feedback langsung dari para editor. Jadi, kamu akan tau alasan mengapa naskahmu harus direvisi atau malah ditolak. Lalu, how to make a #GoodContent ala IDN Times?

Judul.
Tulis judul yang menarik. Ini tipsnya:

  1. Gunakan judul yang datar dengan format SPOK
  2. Inti peristiwa di depan, selanjutnya adalah keterangan yang bombastis atau bisa sebaliknya.

Isi konten.
Tulis konten yang bisa membuat pembaca merasa dirinya ada di sana, yang menyangkut diri si pemabaca. Hal tersebut akan menjadi hiburan tersendiri oleh pembaca. Atau tulis konten dengan peristiwa yang sedang viral dengan sudut pandang yang berbeda.

Penutup.
Gunakan kalimat yang berisi kesimpulan atau pertanyaan atau punchline sebagai penutup artikelmu.

foto bersama peserta dan panitia IDN Times Community

2 thoughts on “How to Make a #GoodContent ala IDN Times

  1. Waaah kirain punch line cuma di pake di standup comedy, ternyata dalam membuat konten yang bagus juga penting banget ya.. ajari adikmu ini kakak, biar artikel yang aku buat lebih berkualitas. Barangkali bisa di jual, wkwk L.O.L.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *