Tips & Trik

Cara Menggunakan Panci Presto dengan Aman

Para perempuan yang hobi masak, udah pasti nggak asing lagi sama perabot-perabot dapur. Salah satu perabot yang sering dipakai adalah panci.

Panci merupakan perabot masak yang sangat familiar di masyarakat biasa atau di kalangan para pengusaha. Selain panci biasa, panci presto juga menjadi pilihan. Panci presto ini berbeda dengan panci biasa, desainnya dibikin khusus supaya nggak ada uap yang keluar ketika dipakai memasak. Dengan begitu memasak akan lebih sehat karena kandungan gizi tetap terjaga, lebih efektif dan juga efisien.

Mungkin masih banyak yang belum punya karena khawatir cara pakainya ribet atau susah. Nggak perlu khawatir lagi, begini cara menggunakan panci presto dengan aman.

Cara menggunakan panci presto dengan aman

  • Buka tutup panci presto dengan cara memutar pegangan pada tutup ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Masukkan bahan-bahan yang akan dimasak ke dalam panci, lalu tambahkan air.
  • Lalu tutup kembali dan pastikan pegangan tutup sejajar dengan pegangan pada badan panci presto.
  • Tunggu sampai air dalam panci presto mendidih, biasanya ditandai dengan suara desis yang keluar dari katup yang ada di atas tutup panci presto.
  • Kecilkan api agar masakan bisa matang merata.
  • Jika sudah matang, matikan api dan diamkan terlebih dulu. Pastikan sampai suara desis menghilang dan nggak ada uap yang keluar ketika membuka tutup panci presto.

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan panci presto

Menggunakan panci presto perlu perhatian khusus kalau mau nggak mudah rusak. Sayang kan kalau punya barang tapi nggak awet. Hehe

Nah, dalam menggunakan panci presto biar terus awet dan tetep aman, perlu diperhatikan:

jangan buka tutup panci presto sebelum sisa uap habis di dalam panci presto, uap panas yang bertekanan tinggi bisa menyembur keluar dan dapat membahayakan diri kita.

Terus nih, jangan gengsi ya lihat petunjuknya. Baca dan ikuti petunjuk cara memasak menggunakan panci presto yang sudah disediakan. Biasanya ada kan tuh kalo beli baru ada buku panduan cara pemakaian.

Perhatikan juga ya, berapa lama waktu yang diperlukan buat memasaknya dan banyak-sedikitnya takaran yang akan digunakan.

Selamat mencoba resep masakan presto! Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *