Lifestyle

Amalan-amalan Sunnah Berpuasa

Selain memperbanyak ibadah wajib di bulan suci ramadan, amalan-amalan sunnah untuk kesempurnaan ibadah puasa tidak boleh dilewatkan, loh. Kita tidak tau apakah ada jaminan di tahun berikutnya untuk kita bisa lagi menikmati keberkahan bulan puasa atau tidak. Amalan-amalan sunnah dalam berpuasa ini bisa menjadi bekal buat kita nanti.

Berikut amalan-amalan sunnah berpuasa yang dianjurkan selama bulan ramadan.

#1 Makan Sahur
Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan -HR. AlBukhari. Meskipun hanya sedikit atau hanya seteguk air minum, usahakan untuk sahur. Amalan yang disunahkan adalah mengakhiri makan sebelum masuknya waktu solat subuh atau sebelum fajar.

#2 Berbuka Puasa
Menyegerakan buka puasa sebelum azan maghrib sangat dianjurkan. Biasanya sunah yang dianjurkan adalah memakan kurma. Kalaupun tidak ada kurma bisa diganti dengan air.

#3 Menahan Diri
Menahan diri di sini berarti menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Menahan diri dari hal yang tidak sejalan dengan hikmah dari berpuasa, seperti menahan lisan. Berbohong, mengumpat atau membicarakan orang lain bisa menggugurkan pahala puasa.

#4 Sedekah
Perbanyak sedekah di bulan puasa juga sangat dianjurkan. Sedekah bisa kepada siapa saja, seperti keluarga, teman/kerabat, dan tetangga. Bisa juga menyediakan makanan berbuka untuk orang-orang yang berpuasa.

#5 I’tikaf
I’tikaf atau berdiam diri di masjid bisa dilakukan sebulan penuh. Namun, lebih diutamakan ketika sepuluh hari terakhir puasa. Manfaatnya untuk kita bisa mendekatkan diri kepada Allah.

Selain ke lima amalan-amalan sunah di atas, amalan lain bisa kita lakukan dengan mempelajari/membaca Al Quran, memperbanyak zikir, melakukan kebaikan-kebaikan lainnya di bulan puasa.

Semoga kita semua bisa istiqomah dalam menjalankan amalan-amalan sunah di bulan ramadan ini, ya. Dan bisa mekanjutkan amalan-amalan tersebut di bulan-bulain lainnya. aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *