Transportasi

5 HAL SEDERHANA YANG BISA KAMU TERAPKAN UNTUK BERPARTISIPASI MEWUJUDKAN TRANSPORTASI UNGGUL

Indonesia dalam perjalanannya mengalami kemajuan di berbagai bidang, salah satunya di bidang transportasi. Jika mau mengingat, dulu kita bisa menemukan alat transportasi yang digerakkan oleh tenaga manusia maupun tenaga hewan. Namun sekarang, alat transportasi tersebut sudah jarang sekali kita temukan, bahkan sudah tidak ada.

Menurut Kemenhub, dalam lima tahun pemerintahan Kabinet Kerja, telah banyak capaian yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan baik itu di sektor transportasi darat, laut, udara maupun kereta api.

Capaian pada sektor perhubungan darat sendiri meliputi pembangunan BRT (Bus Rapid Transit), rehabilitasi terminal, dan pembangunan penyeberangan pelabuhan. Tentu saja dari kemajuan sektor perhubungan transportasi tersebut kita berharap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam menggunakan alat transportasi tetap terjaga.

Harapan itu bukan tidak mungkin dapat terwujud. Kita bisa berpartisipasi mewujudkan transportasi yang unggul dengan menerapkan 5 hal sederhana berikut ini:

Pertama, mematuhi aturan lalu lintas yang telah dibuat. Masih banyak pengendara atau pengguna transportasi umum yang melanggar aturan. Terlebih jika pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dianggap hal biasa. Padahal dengan dibuatnya sebuah peraturan, jika kita mau mematuhinya, tentu saja keselamatan, keamanan, dan kenyamanan akan tetap terjaga.

Kedua, memakai perlengkapan saat berkendara. Hal ini tidak boleh disepelekan, sebab kelengkapan saat berkendara dapat mengurangi resiko jika terjadi kecelakaan di jalan. Misal, memakai helm bagi pengendara motor, memakai sabuk pengaman bagi pengendara mobil, dan lain-lain.

Ketiga, membawa lengkap surat-surat yang memang diwajibkan bagi pengendara. Selalu membawa kelengkapan surat-surat menjadi salah satu syarat ketika ada pemeriksaan oleh pihak berwajib.

Keempat, tidak merusak fasilitas umum. Fasilitas umum terkait transportasi seperti trotoar, halte, tempat penyeberangan, jalanan harus dijaga. Termasuk di dalam transportasi itu sendiri, misal tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kelima, memiliki kesadaran dari diri sendiri untuk merawat fasilitas yang telah ada. Kunci dari majunya sebuah negara salah satunya bisa dilihat dari kemampuan membangun fasilitas-fasilitas umum yang dibutuhkan oleh masyarakatnya. Kunci yang lebih penting dari itu adalah merawatnya, merasa menjadi milik kita sendiri, sehingga ada perasaan untuk terus menjaga fasilitas tersebut.

Dari lima hal sederhana di atas, transportasi bisa benar-benar terwujud jika didukung dengan hal besar seperti konsistensi penegak hukum ketika ditemukannya pelanggaran serta bagaimana menerapkan sistem aturan untuk fasilitas transportasi dengan terencana.

Indonesia akan maju jika di dalam diri kita memiliki kesadaran penuh dengan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam menggunakan transportasi. Kalau kamu, hal sederhana apa yang bisa kamu kontribusikan untuk Indonesia yang lebih maju? Share, kuy!

Semoga Kemenhub tetep sehat-sehat dan bekerja dengan optimis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *