Tips & Trik

3 Tips Bijak Menggunakan THR

Sudah bau-bau THR bakalan cair, Gesss. Sudah nge-list apa saja nih buat menghabiskan THR? THR (Tunjangan Hari Raya), yang juga biasa disebut dengan gaji ke-13 atau bonus ini memang menjadi salah satu hal yang ditunggu oleh para karyawan menjelang lebaran.

Namun demikian, sebagai penerima THR yang nantinya akan menggunakan THR tersebut, masyarakat yang berstatus karyawan ini dituntut untuk menjadi pengguna THR yang bijak dan smart. Bukan tanpa sebab, di era sekarang ini jiwa konsumtif masyarakat terkadang membuat keinginan untuk berbelanja tidak dipikirkan dengan matang-matang. Asal beli saja gitu. Hal tersebut membuat kebutuhan yang seharusnya terpenuhi jadi tersingkirkan.

Lalu, bagaimana tips bijak menggunakan THR? Beberapa tips yang berhasil kurangkum dari berbagai sumber ini bisa diterapkan agar THR-mu tidak berlalu begitu saja. Simak yuk!

3 TIPS BIJAK MENGGUNAKAN THR

Utamakan untuk Hari Raya.
Namanya Tunjangan Hari Raya, pastilah digunakan ketika hari raya. Prioritaskan THR untuk kebutuhan hari raya seperti ongkos mudik, jamuan tamu, THR untuk saudara-saudara, pakaian lebaran atau keperluan ibadah, zakat, dan lain-lain. Meskipun menjadi prioritas, kita tidak harus menghabiskan THR untuk dialokasikan pada kebutuhan hari raya saja. Harus pintar-pintar membagi dan menyisakan untuk keperluan lainnya.

Alokasikan untuk Tabungan atau Invest.
Kamu bisa mengambil kesempatan THR ini untuk menabung atau investasi. Jika untuk menabung saja terkadang tidak bisa karena alesan tidak ada uang, kali ini harus menyisihkan THR untuk ditabung. THR yang jumlahnya tidak seperti biasanya ini bisa menambah tabunganmu biar tidak segitu-segitu saja. Smartlah dalam mengatur keuangan untuk kebutuhan mendadak atau persiapan untuk masa depan.

Sisakan untuk Bayar Utang.
Jika masih punya utang yang harus dilunasi, sebaiknya beri bagian pengalokasian THR untuk membayar utang. Sebab, jika mengandalkan tabungan, bukan tidak mungkin justru kondisi finansial menjadi tidak stabil dan terganggu.

Begitu, Gess. Sudah tau, kan? Mulai sekarang rancang dan hitung berapa persen saja THR yang akan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan. Semoga tidak boros ya. Bijak yuk!

One thought on “3 Tips Bijak Menggunakan THR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *